Oct
14
2010

6 cara pembentukan knowledge dalam perusahaan

6 cara pembentukan knowledge dalam perusahaan, sebagai berikut :
a. Acquisition, mendapatkan knowledge yang pada dasarnya tidak terlalu penting namun sangat bermanfaat. Diperoleh dengan cara membeli atau meniru ide.
b. Renting, menyewa konsultan maupun menjadi sponsor bagi proyek riset di perguruan tinggi atau politeknik.
c. Dedicated resourses, menciptakan knowledge dengan cara menyediakan sumber daya yang diperuntukkan khusus untuk tujuan tersebut.
d. Fusion, membentuk knowledge dengan menggabungkan keahlian, ide dan nilai yang berbeda dari berbagai divisi untuk menciptakan solusi inovatif.
e. Adaptation, melakukan adaptasi terhadap perubahan yang terjadi, dimana perubahan tersebut memicu pembentukan knowledge. Beberapa perusahaan membutuhkan serangkaian ancaman eksternal untuk menyadari potensi yang mereka miliki.
f. Networks, jaringan bentukan dan jaringan informal dalam organisasi seringkali menjadi sumber kekuatan pembentukan knowledge. Knowledge tidak hanya terbentuk pada batasan disiplin ilmu, namun juga pada batasan struktur formal suatu organisasi.

Referensi :

Quinn, James, B, Philip Anderson and Sydney Fikelstein. Managing Professional Intellect: making the most of the Best. In Harvard Business Review on Knowledge Management. Harvard Business School Publishing 1998

Written by nicolas in: Knowledge Management Sharing |

No Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URL


Leave a Reply

Powered by WordPress. Theme: TheBuckmaker. Zinsen, Streaming Audio